Rabu, 10 Mei 2017

Cara Belajar Kungfu Sendiri



Cara Belajar Kungfu Sendiri

Kung Fu, yang juga dikenal sebagai Gong Fu, adalah seni bela diri Cina kuno. Bila Anda terinspirasi untuk mempelajari seni bela diri ini, namun tidak ada perguruan di sekitar Anda, Anda tidak mampu membayar biaya bulanannya, atau jadwal Anda bentrok, maka Anda dapat mempelajarinya sendiri. Selama Anda berkomitmen dan memiliki keinginan yang kuat, Anda bisa melakukannya. Memang tidak mudah, tetapi hasilnya akan sepadan.


1

 
1. Kosongkan sebuah area di rumah Anda. Karena Anda akan melakukan banyak lompatan, tendangan, pukulan, dan pada dasarnya menghajar apa pun yang ada di hadapan Anda (atau di kiri, kanan, atau belakang), pilih sebuah area rumah Anda untuk dijadikan tempat berlatih kung fu. Setidaknya tiga kali tiga meter sudah mencukupi.
  • Jika Anda tidak memiliki ruangan kosong yang dapat digunakan, kosongkan saja sudut sebuah ruangan dan pindahkan semua benda yang tidak boleh rusak atau dapat melukai Anda. 


2. Belilah samsak tinju (punching bag). Anda dapat menundanya untuk sementara waktu, tetapi pada akhirnya Anda akan memerlukan samsak tinju. Pada awalnya Anda akan melakukan gerakan di udara, tetapi pada akhirnya Anda harus memiliki sesuatu untuk menahan pukulan Anda, inilah gunanya samsak tinju.
  • Anda dapat menggantung samsak di plafon (jika ruangannya memungkinkan) atau Anda dapat membeli samsak berdiri di hampir semua toko olahraga.
 

3. Cari petunjuknya. Singkatnya, mendapatkan seorang guru yang sebenarnya, atau “suhu” merupakan cara terbaik untuk belajar kung fu. Tetapi Anda juga dapat belajar kung fu sendiri jika Anda rajin dan tekun. Beli beberapa DVD, tonton beberapa video daring, atau lihatlah di situs-situs perguruan kung fu. Banyak perguruan yang memiliki video pendek yang menawarkan sedikit pengalaman program, sekaligus mengajari Anda jurus-jurusnya.
  • Yang terbaik adalah mencari lebih dari satu sumber. Ada beberapa perguruan kung fu yang berbeda, dan tentu Anda ingin memastikan bahwa Anda memilih yang paling menarik bagi Anda. Apalagi, ada beberapa orang di luar sana yang mengaku ahli padahal sebenarnya tidak. Mencari lebih dari satu sumber dapat membantu untuk memastikan bahwa Anda melakukan hal yang benar.

4. Fokuslah pada satu area terlebih dahulu. Ada banyak hal yang harus dipelajari dalam kung fu – dan mempelajari segala hal sekaligus adalah tugas yang berat. Jika Anda akan memulai, pilih sebuah fokus. Setelah Anda menguasai beberapa kuda-kuda, apakah Anda ingin berkonsentrasi pada lompatan? Tendangan? Pukulan?
  • Menulis rencana belajar juga akan memudahkan Anda. Katakanlah pada hari Senin, Rabu, dan Jumat Anda akan melatih kuda-kuda dan tendangan. Kemudian, pada hari Selasa dan Kamis, Anda bisa menggabungkannya dengan keterampilan inti, seperti keseimbangan dan kelenturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar